Evan Dimas: Sabar Berbuah Kemenangan untuk Timnas Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-1 pada Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (20/8) tak lepas dari kesabaran skuat Garuda Muda tersebut.

Timnas Indonesia U-23 sempat tertinggal 0-1 di babak pertama melalui gol yang dicetak kapten Timnas Hong Kong Lau Hok Ming pada menit ke-38. Namun, di babak kedua skuat asuhan Luis Milla balik unggul lewat gol Irfan Jaya (46′), Stefano Lilipaly (86′), dan Hanif Sjahbandi (90’+4′).

Kemenangan tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Grup A dengan nilai sembilan poin, unggul satu angka atas Palestina yang ada di posisi kedua.

“Pertama, saya ingin mengucapkan Alhamdulillah. Kesulitan lawan Hong Kong adalah mereka sudah tahu permainan kami. Saya lihat mereka tutup di bagian sisi lapangan, jadi memang kami harus sabar dalam bermain,” kata Evan kepada para awak media usai laga.

Timnas Indonesia U-23 sempat kesulitan menghadapi Hong Kong di babak pertama.

“Karena kalau [kami] main buru-buru dan hilang bola, mereka akan percaya diri. Kami sabar, hasilnya mereka lelah setelah bermain di babak pertama dan kami serang terus di babak kedua,” katanya menambahkan.

Evan Dimas Punya Bekal Bagus

Berdasarkan pengalaman di sejumlah laga uji coba sebelum Asian Games 2018, Timnas Indonesia U-23 belum pernah menang lawan tim asal Timur Tengah. Kendati begitu, hal itu tidak jadi soal bagi Evan.

“Dulu saya uji coba [lawan UEA] ketika masih di Timnas Indonesia U-19. Saat itu kami main di kandang mereka dua kali menang dalam uji coba,” kata Evan.

Evan Dimas gembira dengan performa Timnas Indonesia U-23.

“Tapi, di turnamen resmi kami kalah lawan mereka dalam Piala Asia di Myanmar. Kami kalah dengan skor 1-3,” ucapnya menambahkan.Di Asian Games 2018, Evan Dimas ingin agar rekan-rekannya tetap fokus menghadapi UEA dan tidak larut dalam euforia berlebihan usai jadi juara grup.

“Jangan sombong dulu. Perjalanan masih panjang, berusaha dulu saja,” ucap Evan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *