Timnas Indonesia U-19 Diminta Tak Silau Nama Besar Jepang

Indonesia U-19 Vs Uni Emirat Arab U-19

Bola.com, Jakarta – Timnas Indonesia U-19 diminta tak minder dengan nama besar Jepang saat kedua tim berjumpa pada perempat final Piala FA U-19 2018, Minggu (28/10/2018).

Tiket perempat final disegel Timnas Indonesia U-19 setelah menang 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA). Namun, tantangan yang menanti Egy Maulana Vikri dkk di fase knock out cukup berat. Jepang adalah juara bertahan pada turnamen ini.

Pengamat sepak bola asal Jatim, Ferryl Raymond Hattu, mengatakan meski berat, asa Garuda Nusantara lolos ke semifinal tetap terbuka. Menurutnya, tidak ada yang perlu ditakuti dari juara Grup B, Jepang.

“Jepang memang tim bagus. Tapi di kategori junior seperti U-19, sebetulnya perbedaan semua tim relatif tipis. Sekarang tinggal faktor mental yang akan membedakan di pertandingan nanti,” ujar kapten Timnas saat juara SEA Games 1991 ini, Kamis (25/10/2018).

Melihat penampilan para pemain Timnas U-19 saat mengalahkan UEA, Rabu (24/10/2018), Ferryl menilai mental anak buah Indra Sjafri itu sudah teruji. Semangat juang pemain Timnas U-19 ketika dalam posisi tertinggal 1-6 dan akhirnya menjadi 5-6 saat melawan Qatar juga menjadi modal.

Ferryl menilai tidak ada masalah pada sisi nonteknis para pemain Timnas Indonesia U-19. Mereka siap menghadapi tim mana pun.

 

Jangan Kalah Sebelum Bertanding

Ferryl mengaku mengamati penampilan Jepang dalam dua pertandingan yang mereka jalani. Menurutnya, permainan Jepang hampir sama dengan tim-tim lain. Bedanya, para pemain Jepang mempunyai kepercayaan diri cukup tinggi. Mereka juga berani mengumpan di antara kaki lawan, dan tenang saat mengeksekusi peluang.

Bagi Ferryl, selama mampu menjaga optimisme dan tampil seperti ketika menghadapi UEA, Timnas Indonesia U-19 bisa memenangkan pertandingan lawan Jepang.

“Saya yakin Timnas Indonesia U-19 bisa menapak lebih jauh kalau mereka tak silau dengan nama besar Jepang. Ingat, meski statusnya juara bertahan, tim Jepang di Piala AFC kali ini dihuni banyak pemain baru. Jadi tidak ada alasan Tim Garuda Nusantara kalah sebelum bertanding,” ujar mantan pelatih Petrokimia Putra tersebut.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 lawan Jepang akan digelar pada Minggu (28/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *